Apa itu SisTem Informasi Manajemen???????

Pada umumnya saat ini banyak orang membicarakan tentang sistem informasi manajemen yang tergambar adalah suatu sistem yang diciptakan utnuk melaksanakan pengolahan data yang akan dimanfaatkan oleh suatu organisasi.

Kata sistem sendiri mempunyai pengertian dalm hal:

  • Pendekatan prosedur yaitu kumpulan dari beberapa prosedur yang mempunyai tujuan tertentu.

  • Pendekatan komponen yaitu kumpulan dari komponen – komponen yang saling berkaitan unutk mencapai tujuan tertentu.


Secara sederhana suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen atau variabel2 yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling bergantung satu sama lain dan terpadu

Konsep lain yang terkandung dalam definisi sistem adalah konsep sinergi. Konsep ini mengandaikan bahwa didalam suatu sistem, output di organisai lebih besar daripada output individual atau output masing2 bagian. Kegiatan bersama dibagian yang terpisah tetapi saling berhubungan secara bersama-sama akan menghasilkan total yang lebih besar daripada jumlah bagian secara individu dan terpisah.

Elemen2 sistem yaitu:

  1. mempunyai tujuan yaitu pedoman sistem untuk melaksanakan tugas serta merupakan pemicu untuk untuk pencapain hasil yang harapkan.

  2. mempunyai masukan yaitu segala sesuatu yang dimasukkan kedalam sebuah sistem untuk diproses dan menghasilkan sebuah informasi.

  3. mempunyai proses yaitu suatu kegiatan yang mengolah input ( berupa data ) menjadi output ( informasi yang berguna bagi pemakainya).

  4. mempunyai keluaran yaitu segala sesuatu hasil dari sebuah proses dapat berupa informasi, laporan, gambar dsb

  5. dan terdapt umpan balik berfungsi sebagai kontrol terhadap tujuan dari sistem.


Kata manajemn mempunyai pengertian yaitu proses atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang pimpinan/manajer dalm organisasi untuk mencapai tujuan bersama. dari pengertian sistem dan manajemen diatas jika digabungkan sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang menyediakan informasi kepada penglola organisasi. Data mauoun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas2 organisasi tujuan dari dibentuknya sistem informasi manajemen supaya organisasi memiliki suatu sistem yang dapat diandalkan dalam mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen baik yang menyagkut keputusan2 rutin maupun keputusan strategis.

Dalam kategorinya informasi dapat dikelompokkan menjadi :

  • informasi strategis yaitu informasi yang digunakan untuk mengambil keputusan jangka panjang. mencakup informasi external ( tindakan pesaing langganan ). Rencana perluasan perusahaan dsb.

  • Informasi taktis yaitu informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan jangka menengah seperti informasi trend penjualan yang dapat dipakai untuk menyusun rencana2 penjualan.

  • Informasi teknis yaitu informasi yang dibutuhkan untuk keperluan operasional sehari-hari. Informasi persediaan stok, retur penjualan dan laporan kas harian….. 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: