• Artikel baru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    September 2007
    M T W T F S S
    « Aug   Oct »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
  • RSS IBONDNAZ BLOG

    • Tips Jualan atau Membuka Toko Online March 5, 2010
      Sekarang ini, untuk berjualan tidak perlu punya toko cth toko batik/toko baju online. Lewat dunia maya pun, Anda bisa menjajakan produk. Bahkan, toko online punya banyak kelebihan. Sudah murah, calon pembeli pun bisa datang dari mana saja. Inilah tips membuat toko online agar memikat pelanggan  – repost dari tetangga sebelah. 1. MEMILIH TEMPAT A. Gratisan [… […]
      rawza
    • Sibuknya Kuliah sambil Kerja February 27, 2010
      Hai teman2 lama nih udah gak posting, maap yahh soalnya penulis lagi sibuk kuliah sambil kerja jadi nggak semapt ngeblog duehh… oke dah mungkin bulan depan akan mulia ngeposting lagi… banyak nih yg mau ditulis.. ehehehFiled under: IT Tagged: internet
      rawza
    • Menigkatkan kinerja Windows 7 dengan EnhanceMySe7en January 25, 2010
      Apakah anda pengguna windows 7 dan apakah anda merasakan windows 7 mulai lambat waktu prosesnya untuk itu diperlukan tools yang mampu megatasi masalah diwindows 7 dan meningkatkan kinerjanya. Windows 7 adalah cepat dan cukup memuaskan dalam menggantikan peran Windows XP dan Vista, tetapi Anda dapat membuatnya lebih cepat dan bertanggung jawab dengan EnhanceM […]
      rawza
    • Booting Windows 7 lebih CEPAT Tanpa Interupsi January 21, 2010
      Berikut ini tutorial tentang tips agar windows booting tanpa interupsi atau mempercepat booting windows. Pesan kesalahan (error message) bagai dua sisi mata uang. Di satu sisi, pesan kesalahan berguna untuk memberitahukan adanya error pada sistem, tapi, di sisi lain, kehadirannya menyebalkan. Apalagi jika nongolnya terlalu sering dan tidak bisa dimatikan. Ca […]
      rawza
    • How to update nokia software phone January 21, 2010
      Apabila handphone anda merk nokia jika softwarenya lagi bermasalah entah karena kena virus atau karena memang harus update anda sudah tidak perlu lagi melalukan update atau flash handphone anda ke counter-counter handphone karena mengeluarkan biaya, selain itu jika anda lupa membackup data anda pastinya akan hilang semua karena sifat dari ngeflash handphone […]
      rawza
    • Free sms GPRS with GoText 2.0 January 20, 2010
      Langkah untuk setting FREE SMS via GPRS menggunakan goText 2.0. Sebelumnya pastikan setting GPRS sudah OK. 1. Download software goText 2.0 melalui HP. Masuk ke browser ketikkan alamat: http://www.gotext.org/index.wml Pilih versi bahasa Indonesia (76.4KB) kemudian install di HP. 2. Akan ada menu teks , Layanan, Kontak, Pengaturan, Info 3. Pilih di Layanan : 4 […]
      rawza
    • Setting Status I’m On Sms Yahoo Messenger January 19, 2010
      Jika anda pernah melihat yahoo messenger (YM) teman anda selalu online itu bukan berarti dia menggunakan handphone blackberry yang YM nya selalu online emang iya sih soalnya kan BB selalu konek ke internet, bagi anda yang tidak punya blackberry namun ingin membuat status YM anda selalu online anda dapat menggunakan cara berikut ini yaitu menyetting […]
      rawza
    • How to Delete and Remove the Windows.old Folder on Vista or Windows 7 January 19, 2010
      If you have installed a new operating system like Windows Vista or Windows 7 on your existing operating system, not upgraded but make a clean install then the Vista or Windows 7 installation wizard takes a back up your previous Windows files. This back up strategy is useful for many times because you might find […]
      rawza
    • Membuat Google-API-Translate-JavaMe (J2ME) January 18, 2010
      Google Translate selain bisa digunakan untuk web artinya hanya bisa diakses di web browser juga bisa diolah untuk aplikasi mobile menggunanakn j2me, jadi dengan google api transalate ini anda bisa membuat aplikasi j2me yang bisa konek ke google translate melalui handphone.. ini source codenya.. See the example midlet. import com.google.api.javame.*; import j […]
      rawza
    • Memasang Google Translate Pada Blog WordPress January 18, 2010
      Inginkah anda di blog Free WordPress anda terdapat fasilitas penerjemah bahasa? Yang tidak hanya menerjemahkan satu bahasa melainkan multi bahasa? Yang menerjemahkan isi blog anda tanpa meninggalkan theme blog anda? Bila ya! ikuti tips yang saya berikan, caranya sangatlah mudah.Caranya adalah: Masuk ke Dashboard >> Pada menu Appearance >> Pilih W […]
      rawza
  • Polling

  • GoldBiz

    goldbizs.com
  • Komunitas

  • Tukar Link Blogger Indonesia

  • Iklan

  • RSS Jual Obat Kecantikan

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • My Tweet

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • Advertisements

ManFaat KEunggulan kompetitif…….

Suatu ketika seseorang pernah bertanya pada Warren Buffet, CEO-nya Berkshire Hathaway dan salah seorang investor yang paling disegani di dunia, hal terpenting apakah yang ia cari ketika sedang mengevaluasi sebuah perusahaan untuk diinvestasikan. Tanpa ragu-ragu, Buffet menjawab, ”Sustainable competitive advantage.”

Mengapa investor sekaliber Warren Buffet mencari sustainable competitive advantage atau keunggulan kompetitif yang berkelanjutan? Apakah keunggulan kompetitif yang berkelanjutan itu dan apa hebatnya?

Keunggulan kompetitif yang berkelanjutan adalah keunggulan yang tidak mudah ditiru, yang membuat suatu perusahaan dapat merebut dan mempertahankan posisinya sebagai pimpinan pasar. Karena sifatnya yang tidak mudah ditiru, keunggulan bersaing yang berkelanjutan dapat mendukung kesuksesan suatu perusahaan untuk jangka waktu yang lama.

Di masa lalu hal-hal seperti teknologi produksi yang superior atau merek yang kuat dipandang sebagai keunggulan yang tidak mudah untuk ditiru oleh para pesaing. Tetapi, pernahkan terpikir bahwa pada jaman sekarang persaingan price (harga), promotion (promosi), product (produk), dan proses produksinya sudah menjadi hal yang lumrah?

Keunggulan operasional yang terlihat pada harga yang murah atau kualitas barang yang bagus pada masa sekarang sudah tidak lagi cukup untuk memenangkan persaingan bisnis. Karena, pesaing kita tentunya akan berusaha menyusul dengan harga yang lebih murah atau produk yang lebih baik. Apalagi dengan adanya AFTA Indonesia akan kebanjiran produk-produk murah dari Cina dan India.

Branding advantage (keunggulan merek) pun kini makin sulit untuk tercapai karena semua media promosi telah menjadi ajang perang memperebutkan customer mindshare. Dengan begitu banyaknya merek yang berseliweran di benak para pembeli, perang promosi pun telah menjadi perang yang teramat mahal.

Untuk menjadi top brand, sekarang perusahaan-perusahaan mau tidak mau mesti mengeluarkan biaya puluhan bahkan ratusan miliar rupiah per tahun. Biaya investasi terlalu tinggi untuk kebanyakan perusahaan Indonesia. Sedangkan promosi yang lebih taktikal seperti sales promo atau diskon hanya akan memberikan keunggulan sementara yang tidak akan bertahan lama.

Di tengah persaingan bisnis yang semakin menghangat, banyak pemasar yang melupakan pentingnya place strategy, atau yang juga kita kenal dengan strategi distribusi, dalam mencapai keunggulan bisnis. Dalam buku The Channel Advantage Larry Friedman menulis bahwa dengan makin pendeknya beda waktu antara suatu produk inovatif keluar dan tiruannya menyusul, strategi produk tidak lagi dapat diandalkan. Apalagi, seperti kita ketahui semua, di Indonesia perlindungan hak cipta masih sangat kurang pelaksanaannya.

Pada keadaan seperti ini Larry Friedman menyatakan bahwa ”Its not what you sell, its how you sell it” atau ”Bukan apa yang kita jual, tapi bagaimana kita menjualnya.” Inilah inti dari strategi distribusi.

Keunggulan bisnis dapat tercapai dengan strategi distribusi yang inovatif dan efektif. Saya syaratkan strategi ini mesti inovatif karena bila tidak, strategi tadi hanyalah tiruan strategi pesaing yang tidak akan memberikan keunggulan. Sedangkan strategi ini mesti efektif karena bila tidak, ia akan menjadi kendala dan bukan keunggulan.

Di Indonesia sendiri, Kimia Farma merupakan contoh perusahaan yang tidak melupakan strategi distribusinya. Di antara perusahaan-perusahaan farmasi yang berlomba-lomba memperebutkan shelf-share atau pangsa display di apotik, toko obat, dan toko kelontong melalui insentif, promosi saluran pemasaran, iklan below the line dan above the line, Kimia Farma berani beda.

Sejak tahun 2001 Kimia Farma sukses mengembangkan saluran pemasaran yang langsung menghubungkannya ke konsumen, yaitu Apotik Kimia Farma. Dengan modal apotik miliknya itu, dalam perebutan mind-share, heart-share, dan market-share pengguna obat, Kimia Farma selangkah lebih maju dari kompetitornya.

Kalau perusahaan farmasi lain hanya mengandalkan kualitas produk dan efisiensi produksi, maka Kimia Farma juga mengembangkan customer intimacy strategy (strategi kedekatan dengan pembeli). Hebat bukan?

Apalagi kalau kita mengingat bahwa strategi ”apotik sebagai keunggulan kompetitif” ini sifatnya berkelanjutan karena tidak mudah ditiru dan bukan merupakan beban usaha karena menghasilkan keuntungan operasional lumayan. Kita lihat apakah langkah berani Kimia Farma ini akan diikuti perusahaan lain.

sumber http://www.republika.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: