Sistem informasi PEmasaran…..

Sesuai perkembangan sekarang, perusahaan yg menggunakan TPS( transaction processing unit, database yag ada dapat digabungkan dg database non transaksi yg berasal dari sistem informasi fungsional. Gabungan database ini dapat digunakan oleh manajer semua level untuk memebuat laporan, salah satu sistem fungsional yg akan kita bahas sekarang adalah sistem informasi pemasaran.

Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagin pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memesarkan produk2 perusahaan tersebut.sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yg berkaitan dengan:

  1. Produk

  2. Tempat

  3. Promosi

  4. Harga produk

menurut mcleod(2000), sistem informasi pemasaran terdiri dari beberapa subsistem antara lain:

  1. Subsistem riset pemasaran, merupakan sistem yg berhubungan dg pengumpulan, pencatatan dan analisis data pelanggan dan calon pelanggan dan calon pelanggan.

  2. Subsistem informasi pemasaran, merupakan subsistem yg berhubungan dg pengumpulan, pencatatan dan analisis terhadap pesaing.

  3. Subsistem pemrosesan transaksi, merupakan subsistem berupa sistem informasi akuntansi.

  4. Subsistem produk, berguna untuk membuat rencana produk baru.

  5. Subsistem tempat, berguna untuk pengambilan keputusan terhadap penentuan tempat yg sesuai dg pelemparan produk yg dihasilkan.

  6. Subsistem promosi, berfungsi untuk melakukan analisis terhadap promosi yg dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

  7. Subsistem harga, berfungsi untuk membantu menetapkan harga terhadap produk yg dihasilkan.

  8. Subsistem peramalan penjualan, untuk melakukan peramalan penjualan.

Demikian cerita seputar sistem informasi pemasaran menurut mc leod tunggu edisi kedua sistem informasi pemasaran menurut saya…..

Berikut berupa contoh sistem informasi pemasaran produk mobil berupa data flow diagram.

15 Responses

  1. huaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhh
    pusing……………..

  2. jangan pusiingg mbak…klo pusingna nemen pegangan aja…..

  3. mau nanya malah SIP
    1.kenapa SIP tidak berkembang pesat seperti kegunaannya dalam suatu organisasi?
    2. apa hubangan sip dengan pelanggan?

    trims

  4. plizzzzzzzzzz help me….
    ujian gw disuruh analisis sistem informasi pemasaran perusahaan..
    itu kan top secret perusahaan
    gmn nyarinya ??????

  5. diperpus banyak…

    ato du gugling ajah banyak pasti ketemu…

  6. Minta contoh perusahaan lokal yang mengaplikasikan konsep SIP (E-marketing)

  7. alamak jang…
    bagi sistem flow pemasarannya dunk…
    ane pusing nie…
    Skripsinya bwt sistem informasi pemasaran, mana berbasis web lagie…

    anannya bozz….
    tlngin wa nyari ebook sistem informasi pemasaran dunk…
    plzzzz

  8. MINTA FLOW DIAGRAM SISTEM PEMASARAN BERIKUT ALUR DATA INFORMASINYA

  9. Wah……cukup padat dan jelas yah…..cukup membantu saya dalam menghadapi ujian akhir semester di kampus tentang SI Pemasaran…..Terima ksaih banyak……..yang jadi pertanyaan saya, bagaimana filosofi pembeli adalah raja di ganti menjadi pembeli bukanlah raja?? Bagaimana menurut anda sendiri? tolong di beri tanggapan? terimakasih banyak!! DANKE………

  10. boleh minta tentang aplikasi yang telah tertulis dengan power point untuk Sistem Informasi Pemasaran (SIP)

  11. ah mumet juga… dksh tugas soal beginian… :-s

  12. tq informasi y

  13. siip deh informasi ya

  14. Thanks….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: