membuat screen saver GLSlideshow di UBUNTU

Jika anda mempunyai banyak koleksi foto dan anda ingn menampilkannya sebagai screen saver slide show di ubuntu anda, gampang saja dengan menggunakan GLSlideshow anda dapat menampilkan koleksi wallpaper anda. GLSlideshow dapat diakses dari menu System -> Preferences -> Screensaver. sayang beribu sayang di ubuntu tidak dapat menampilkan foto koleksi sendiri. tapi ada tidak perlu puziing tujuh keliling banyak trik yang dapay mengatasi hal tersebut. langakah2 sebagai berikut:

1. bua berkas baru .xscreensaver di $home dengan terminal ketikkan sebagai berikut
$ sudo gedit .xscreensaver

2. dan tambah kan baris berikut

imageDirectory: /lokasi/tempat/foto

ganti /lokasi/tempat/foto dengan lokasi dimana anda menyimpan foto2 anda, misal

/media/sda5/poto\ pacar

3. simpan dan keluar dari editor

tugas anda belum selesai sampai saat ini karena foto2 anda tidak dapat dirotasi alias tidak dapat ganti-ganti, edit file konfigurasi GLSlideshow.

4. buka terminal dan ketikkan

$ sudo gedit /usr/share/applications/screensaver/glslideshow.desktop

5. temukan baris

Exec=glslideshow -root   lalu ganti dengan

Exec=glslideshow -root -duration 10 -pan 10 -fade 3

6. simpan dan keluar dari editor

7. akhirnya anda dapat membuat slide show sendiri…

3 Responses

  1. aku gak bisa

  2. error nya dimana????

    coba ajah lagi pasti bisa kok…

    thx..

  3. mas..aku sich uda bisa…cuma masalahnya kalo di setting muncul di root slideshow nya suka nge-hang, berenti ga mau jalan lagi…
    tapi kalo di setting jadi window, lancar terus…akhirnya aku setting pake window n window nya aku setting di compiz biar langsung maximize begitu kebuka…

    sayangnya kalo disetting pake window, slideshownya ga fullscreen, cuma muncul 7/8 layar, 1/8 nya item doank…

    gimana ya mas, biar kalo di setting jadi root dia berjalan dengan lancar slideshownya…

    mas kalo bisa bales ke email atau ke blog saya aja ya…makasi ya mas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: