Mencari Tempat Liburan yang Pas

SETIAP kali mendengar atau mengucapkan kata liburan, yang terbayang dalam pikiran kita biasanya suasana santai dan menyenangkan, seperti acara barbeque di pantai, udara sejuk pegunungan, window shopping di mal dan tentu saja keluarga tercinta.

Memang, bisa dibilang liburan merupakan kesempatan langka yang tidak datang setiap saat. Tapi sebenarnya kita masih dapat ‘menciptakan’ liburan sendiri dengan memanfaatkan cuti kantor yang tersisa.

Meliburkan diri dari rutinitas pekerjaan sebaiknya bersamaan waktunya dengan masa liburan sekolah anak-anak. Dengan begitu, kita dapat memaksimalkan waktu yang sempit untuk ‘menghibur diri’ sekaligus menghabiskan waktu bersama anak-anak.

Tapi bagaimana caranya agar liburan bersama ini dapat menjadi momen yang tak terlupakan? Hal pertama dan yang terpenting adalah melibatkan seluruh anggota keluarga dalam rencana liburan. Diskusikan tempat liburan dan aktivitas apa saja yang nanti akan dilakukan bersama. Referensi yang dibutuhkan tidak hanya iklan paket liburan di koran tetapi juga info tempat liburan keluarga di buku, majalah atau internet.

Sebagai gambaran untuk Anda, berikut adalah beberapa poin yang harus diperhatikan dalam memilih tempat liburan.

1. Akses Transportasi
Tempat liburan yang terpencil dan tidak memiliki akses transportasi akan menyulitkan karena dalam liburan kali Anda menyertakan si kecil. Anak-anak cenderung rewel selama di perjalanan, maka pilihlah tempat liburan yang dapat dijangkau setidaknya oleh kendaraan roda empat untuk kenyamanan Anda sekeluarga. Perkirakan pula dana yang akan Anda keluarkan untuk transportasi pulang-pergi.

2. Akomodasi
Jika Anda sekeluarga ingin berlibur ke luar kota atau daerah tujuan wisata yang cukup jauh, pilih lokasi yang dekat dengan penginapan. Anda dan keluarga tentu membutuhkan tempat isitrahat yang nyaman setelah seharian beraktivitas bersama.

3. Makanan
Bisa jadi makanan dan minuman yang Anda bawa dari rumah tidak cukup untuk menggantikan energi yang terkuras selama liburan. Terlebih jika Anda dan keluarga melakukan banyak aktivitas. Pilih lokasi liburan yang sekiranya dekat dengan kios atau toko makanan dan biarkan si kecil memilih jenis makanan yang ingin dicobanya. Pahamilah bahwa buat si kecil, liburan selalu identik dengan jajan. Memperbolehkannya jajan selama di tempat liburan tentu akan membuatnya bertambah senang.

4. Jenis Kegiatan atau Rekreasi
Mungkin jenis kegiatan atau rekreasi menjadi hal yang paling menentukan pilihan tempat berlibur. Jika si kecil ingin bermain pasir dan Anda ingin merasakan sinar matahari, pantai adalah tujuan wisata yang paling tepat. Tetapi jika Anda ingin berkemah dan merasakan udara yang sejuk, wisata alam atau daerah pegunungan akan menjadi pilihan Anda. Selain pantai atau pegunungan, banyak tempat liburan lainnya seperti museum, taman hiburan atau lokasi bersejarah yang dapat menjadi pilihan tujuan wisata yang mendidik sekaligus menghibur.

Setelah Anda memutuskan tempat liburan dan jenis kegiatannya, tahap selanjutnya adalah mempersiapkan barang dan peralatan yang akan dibawa. Jangan lupakan benda kecil yang sesungguhnya sangat penting seperti bukti reservasi, obat-obatan, peta dan sunscreen. Siapkan pula cadangan dana untuk menutup biaya tak terduga selama berlibur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: