Internet 3G IM2 Broom Unlimited

Setelah September lalu Indosat mengeluarkan paket akses internet 3G unlimited,  sepertinya itu diikuti dengan penyediaan paket unlimited serupa di bawah bendera Indosat Mega Media (IM2), meskipun dengan pilihan paket yang berbeda dengan harga paket berikisar dari yang paling murah Rp160 ribu sampai dengan Rp900 ribu per bulannya. Sama seperti Indosat 3.5G Broadband unlimited, metode pembayarnnya adalah postpaid atau pascabayar. Kemuian, pada bulan Oktober ini pula, IM2 kembali mengeluarkan paket akses 3G unlimited namun dengan sistem prepaid atau prabayar dengan nama produk IM2 Broom Unlimited.

Paket Broom Prepaid 3.5G yang disediakan oleh IM2 sendiri ada dua yaitu Classic (penghitungan berdasarkan volume) dan Unlimited. Pemilihan paket ini dilakukan ketika melakukan aktivasi kartu perdana melalui website IM2. Yang menarik dari IM2 Broom Unlimited adalah karena prabayar maka calon pengguna cukup membeli kartu perdana dan langsung dapat menggunakan tanpa perlu dokumen tertentu sebagai persyaratan registrasi dan proses survey yang memakan waktu harian.

Mengenai harga, kartu perdana IM2 Broom Unlimited dibandrol dengan harga Rp150 ribu, namun ketika saya mencoba membelinya di Okeshop Gramedia Merdeka Bandung, harga yang dikenakan adalah Rp140 ribu. Untuk pilihan paket unlimited, harga kartu perdana ini sudah termasuk akses untuk sebulan ke depan. Setelah masa aktif sebulan habis dan ingin melanjutkan, maka perlu diisi ulang dengan harga Rp100 ribu untuk masa satu bulan berikutnya.

im2-broom-unlimited-pricing

Seperti halnya Telkomsel Flash dan Indosat 3.G Broadband Unlimited, unlimited atau tanpa batasan yang dimaksudkan dalam paket ini adalah dalam hal volume data yang dapat digunakan dalam masa satu bulan tidak dibatasi, namun begitu ada pembatasan dalam kecepatan aksesnya. Untuk paket IM2 Broom Unlimited sendiri menggunakan batasan yang sama dengan Indosat 3.G Broadband Unlimited, yaitu kecepatan akses yang diberikan up-to 256 kbps sampai dengan volume pemakaian 2GB, kemudian setelah itu kecepatan akses akan menurun up-to 64 kbps sampai volume pemakaian yang tidak terbatas.

Masalah Aktivasi IM2 Broom Unlimited

Setelah membeli kartu perdana IM2 Broom Unlimited Jumat malam kemarin, saya pun mencoba koneksi dengan IM2 Broom Unlimited. Saya atur setting awal untuk koneksi mengikuti petunjuk sesuai petunjuk yang disertakan, APN: indosatm2, username: indosatm2, dan password: prabayar. Jika koneksi awal ini berhasil, seharusnya adalah melakukan aktivasi dengan mengisi data pribadi, pemilihan paket apakah Unlimited atau Classic, juga menentukan username dan password baru untuk menggantikan data username dan password awal.

Sayangnya, ketika saya mencoba koneksi dengan data setting APN, username dan password awalnya, saya selalu mendapat pesan error berikut:

Error 619 – A connection to the remote computer could not be established, so the port used for this connection was closed.

Hal tersebut berlangsung sampai dengan Sabtu pagi, padahal ketika mencoba sinyal 3G Indosat diterima dengan baik berdasarkan status bar modem Huawei E220 yang saya gunakan. Untuk mencari kejelasan atas masalah tersebut, saya pun menelpon call center Indosat M2.

Menurut petugas call center, seharusnya dengan kondisi sinyal 3G Indosat diterima baik, koneksi dapat berjalan, dan pesan error tersebut menurut dia seperti terjadi kesalahan username dan password-nya. Setelah dipastikan benar dan dicoba kembali masih sama, petugas tadi berinisiatif untuk melakukan aktivasi melalui dia dengan menginformasikan data pribadi dan juga pemilihan username dan password untuk dapat digunakan pada koneksi selanjutnya. Alhamdulillah, setelah selanjutnya mengganti dengan username dan password yang baru dibuat, koneksi dapat dilangsungkan.

Hal yang sama terjadi juga pada teman saya, koneksi awal dengan data username dan password awal sebelum aktivasi, tidak dapat dilakukan. Berdasarkan pengalaman saya sebelumnya, maka langsung meminta aktivasi serta pembuatan username dan password melalui call center IM2 sampai akhirnya berhasil dan dapat digunakan.

Hasil Uji Kecepatan Akses

Saya pribdai tidak mempunyai kemampuan teknis untuk melakukan pengujian yang mendalam. Dari penggunaan siang dan malam hari ini, bagi saya yang lebih banyak menggunakan akses internet untuk browsing dan mendownload file-file berukuran kecil, akses menggunakan IM2 Broom Unlimited sudah cukup lumayan. Kalau pun data pengukurannya, yang dapat saya lakukan adalah melakukan pengetesan melalui Speedtest.net, dan dua diantara hasilnya adalah sebagai berikut:

im2-st-340735345

im2-st-3340740326

Semoga saja memang akses-akses berikutnya lancar dan tidak sering mendapat gangguan.

Seperti telah saya singgung sebelumnya, keberadaan paket akses internet prabayar seperti IM2 Broom Unlimited ini akan sesuai bagi yang tidak mau repot dengan urusan administrasi seperti pada paket pascabayar. Jika Anda menginginkan paket serupa Telkomsel Flash atau Indosat 3.5G Broadband unlimited namun terbentur tidak dapat memenuhi persyaratan administrasi atau tidak mau repot seperti yang dialami beberapa teman saya, mungkin dapat menjadikan IM2 Broom Unlimited ini sebagai pilihan. Informasi lebih lanjut dapat dibaca melalui website IM2.

Semakin beragamnya pilihan akses unlimited, semoga saja membuat masing-masing penyedia saling bersaing dalam hal meningkatkan kualitas layanan bagi kepuasan pelanggannya.

from: maseko.

16 Responses

  1. Belakangan ini sih IM2 udah baik lagi, coba pas awal bulan kemarin, wuih.. mau koneksi aja susah banget. Semoga stabil aja deh, lumayan sepuasnya cuma 100 ribu sebulan, pra bayar lagi…

    • iya sama mas… dirumah saya juga kadang bisa kadang enggak.. semoga indosat memeperluas area 3G nya…

      oiya kalu ada modem 3G nganggur bolehkah saya pinjem??? heheheheh

  2. Saya Dah Make Selama 3 Bulanan lumayan lah untuk ukuran 100 ribu. tapi saya kaget ketika tanggal 17-19 januari kemarin Kecepatan Download bisa Sampai 230.410 KB/sec bahkan lebih .Pake IDM.,rata rata 50 Mb Bisa didownload selama 10-15 menit. Hal itu saya Manfaatin Buat download Video Music Dan sudah Terdownload Lebih Dari 8Gb. Kasihan Komputer dan HP Nyala terus…Ga Tau Apa Indosat Lagi Error Ya, Padahal Kuota Dah Habis semingu Yang Lalu, Jika belum habis juga ga mungkin sampai segitu, paling tinggi sekitar 32 An KB/sec atau 256Kbps..Tapi pada tgl 20 Kecepatan kembali normal 64Kbps..Sebagai Informasi saya menggunakan HP Nokia 5320 Xpress Music Sebagai Modem.

  3. emang si lagi bagus bner ni indosat….. katanya si emang lagi ditambah jaringan… katanya si puncak nya bulan may gitu maw di 2 x lipatin jarignan buat inet indosatnya.. tambah maknyus de indosat!! ^^

  4. wew.. nice info kk.. gw kira cuma isu doank.. tau nya beneran tooohh.. gw tunggu de indosat…. kalo beneran keren banget indosat…. tambah setia dah gw…awkakwkkaw

  5. Setelah saya itung-itung punya IM2 gratis tiap bulan,,,setelah saya ikutan KID..ternyata hasil dari KID lumayan lo buat bayar IM2 bulanan masih sisa..he…3x…yah itung itung mengoptimalkan IM2 ku…IM2 POKOE ZIIIP

  6. Info tentang pemanfaatan IM2
    Solusi bagi pengguna IM2…
    manfaatkan IM2 anda dengan kasfiesta….
    Pokoknya cuma ngidupin viestabar…akan dapat dolar….
    Lumayan klo dirupiahkan…satu bulan mencapai 1 juta….
    Gak usah cari referal…gak usah klik-klik macem..macem…dolar secara otomatis bertambah terus…
    And sudah terbukti membayarnya….
    Tingal manfaatin aja IM2 mu dengan jalanin kasfiesta….
    moga bermanfaat….gak ada unsur paksaan/pemerkosaan…he…3x..

  7. Mas, sekarang apa masih pake IM2,. terus di windows terulis kecepatan akses im2 berapa dan hasil tes kecepatannya berapa? Saya memakai XL di windows tertulis 460 kbps tapi hasil test hanya 14 kbps dan download hanya 1.7 kbps..lambat sekali, saya mau ganti yang lain tapi kuatir sama saja.. oya lokasiku di buah batu, kota bandung. thanks

  8. boro2 dinaikin…yang ada malah diturunin…dipriatim sinyal diilangin EDGE nya skitar bulan oct 2009…yang ad cm GPRS, sedangkan pengguna membeludak…katro!!

  9. haiahiahaiahaiahaiahaiahaiahaiahaiahaia…aha aha ah aha ah ufuh

Leave a Reply

