Test Kecepatan Internet

Tentunya  pembaca sekalian sudah tahu dengan apa yang namanya GPRS, 3G, dan HSDPA Bukan? Yang belum tahu silahkan search di om google atau id.wikipedia.org  biar mandiri …

Yang akan kita Bahas sekarang adalah perbedaan kecepatan download maupun browsing dari ketiga layanan koneksi broadband tersebut yang dimiliki operator selular di indonesia.

A. GPRS(115 kb/s)

Kalo soal gprs kecepatannya masih lumayan lah kira2 dua kali lipat dari koneksi dial up jadi masih nyaman dah untuk download file-file kecil, browsing, chatting, streaming dikit. Keuntungannya daerah coveragenya udah merata di seluruh Indonesia. Dalam praktek kecepatan tertinggi yang didapat kurang lebih 14-an kb/s rata-rata kecepatan yang didapat sekitar 9-10 kb/s.

B. 3G (320 kb/s)

Nah sekarang kita beranjak ke 3G, layanan yang sedang populernya di indonesia ini ternyata menarik juga nih untuk dibahas. Kecepatannya sekitar 4-5 kali lipat dari koneksi GPRS, waduh bukan nyaman lagi… Uenak tenan… Hehehe… Tapi daerah coveragenya di Indonesia masih dalam masa perluasan. Dalam praktek kecepatan tertinggi yang didapat sekitar 55 kb/s rata-rata kecepatan yang didapat sekitar 35-45 kb/s.

C. HSDPA (3,2 mb/s)

Waduh kalo beranjak ke teknologi yang juga disebut 3.5G ini jangan tanya lagi soal kecepatan koneksinya, lebih dari puas euy…! Kecepatannya sekitar 6-7 kali lipat dari 3G…! Ini mah Super Duper Uennaaak Tenaan…! Hihihi… Daerah coveragenya masih lumayan dikit tuh… Dalam praktek kecepatan yang didapat sekitar 300-400 kb/s atau lebih cepat lagi…

Jika anda merasakan bahwa kecepatan internet anda kian hari kian lambat, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan benchmark dengan memanfaatkan jasa internet speed test site. Internet Speed Test akan memberikan data yang seakurat mungkin tentang berapa besar bandwith yang tersedia untuk akses internet anda.

Meskipun anda menggunakan akses broadband atau 3G atau Dial Up sekalipun, internet speed test akan membantu anda untuk mengetahui apakah benar anda mendapatkan kecepatan maksimal seperti yang dijanjikan oleh ISP atau operator anda? Jangan sampai di iklan ditulis anda bisa mendapatkan kecepatan sampai 512 Kbps, tapi kenyataannya kecepatan internet anda justru  hanya 128 Kbps saja.

Untuk melakukan test terhadap kecepatan akses internet, Anda bisa memanfaatkan jasa-jasa website berikut ini yang memang hadir untuk satu tujuan “Internet Speed Test”

1. Speedtest.net Internet Speed Test

Inilah salah satu internet speed test terbaik yang ada di muka bumi ini. Dengan berbagai pilihan lokasi yang tersedia, anda bisa leluasa melakukan test kecepatan internet anda. Hebatnya lagi, layanan speed test ini gratis bahkan tidak hanya itu, di Speedtest.net disediakan menu log untuk mencatat test-test yang pernah anda lakukan, bila itu belum juga cukup, anda bisa mengirimkan hasil test internet anda ke teman atau sahabat anda sehingga mereka bisa tahu berapa kecepatan internet anda. .

2. AuditmyPC.com Internet Speed Test

Satu lagi yang terbaik untuk menguji kecepatan internet anda adalah AuditmyPC. Dengan AuditmyPC.com  anda bisa mengetest kecepatan download maupun upload dari koneksi internet anda. Tidak hanya itu AuditmyPC juga menyediakan layanan untuk mengetes kinerja dari Firewall anda, apakah efektif atau tidak.

9 Responses

  1. Wah2….. kok belum ada yang koment,…. brarti gue no. 1 dong… okelah,..
    saya tinggal di daerah sekitar madiun,… tapi bukan di kotanya.. sejak 2 minggu yang lalu saya langganan XL unlimited prabayar dengan modem Sierra 881U HSDPA Modem, suport GPRS, 3G, EDGE/UMTS, HSUPA dan tentunya HSDPA. Pada kartu prabayarnya, disitu tertulis koneksi 3G maksimal 256 kbps.
    Saat saya memperoleh sinyal 3G kecepatan maksimal yang pernah saya peroleh adalah 160 kbps, itu hanya sekali waktu saja.. lumayan cepat saat itu,.. mungkin karena di daerah saya masih jarang yang menggunakan layanan 3G… tapi skrng rata2 yang saya peroleh sekitar 90 s/d 130 kbps.. juga lumayan cepat. saya gunakan video streaming tv online lancar terus…
    Tapi kalau pas saya mendapatkan GPRS,… waduuuuhhh…. lambatnya minta ampuuuun, menurut mbak2nya yang di gerai XL saat saya tanya,… speed GPRS hanya 1/4 nya 3G alias 64 kbps maksimal untuk download,. tapi setelah saya cek dengan instantspeedtest,.. ternyata cuma saya dapatkan rata2 10 s/d 15 kbps untuk download,… wah2…. lemot sekali…. dengan speed segitu brarti saat download file hanya didapatkan 1/8 nya alias sekitar 1,5 kB/s… buka video streaming nggak bisa,… buka halaman yang ada image2nya juga nggak bisa,… bisa tapi luamaaa banget….
    Saya sudh berusaha nembak sinyal 3Gnya dari rumah tapi nggak bisa krn nggak terdeteksi,…. BTS 3G kejauhan sekitar 5 km dari rumah saya….. tolong dikasih solusinya…

    • kasus sama anda seperti saya tetapi saya pakei im2 brrom unlimited, waktu dapat sinyal HSDPA buieh ciamik speednya bahkan game online pun lancar jaya. namun pas cuman dapet GPRS ato EDGE speed downloadnya turun jadi 15-20kbps itupun sudah pake orbit downloader.. Berdasarkan teman2 saya yang daerah nya agak jauh didaerah coverage area mereka memakai wajan bolik atau semacam tabung gitu untuk nembak sinyal HSDPAnya dan itupun bisa, coba anda cari digoogle cara membuat tabung untuk nembak sinyal biayanya murah kok dan sangat membantu…

      terima kasih..

  2. Speedtest.net Internet Speed Test itu apa? dapat nya dimana? download kah? soalnya sy mau cek kecepatan sesungguhnya dr modem dan operator saya. thanx

  3. Speedtest.net Internet Speed Test didapat dari mana? soalnya saya mau cek kecepatan operator dan modem saya yg sesungguhnya. thanks

  4. klo di kaltim,m di warnet saya kalo donload kecepatan nya 118 kb/sec . itu hitungan nya cepat apa ngga bang… ? trims..

  5. saya sudah 6 bln langganan m2
    Saya tinggal di blitar tepatnya di kabupaten yg lumayan Ndesooo.. pertama-tama saya pake m2 modem prolink langganan 100rb/bln , kecepatan sangaaaaaaattt lambaaaattt dan cuma dpt GPRS, hingga 2 bulan kemudian secara drastis koneksi begitu kencang dan jg dapet EDGE. (hingga saat ini msh kenceng)
    senang rasanya bs browsing sepuasnya kec download 30 kbps lebih, sinyal GPRS kec max bs 250kbps lebih.. dan EDGEnya bs nyampe 300kbps.. pdhl kan jelas2 aturan m2 100rb kan max 254kbps,, lha ini kq aq dapet over… mana bln ini kuota bertambah 20% kl gak slah,,jadi 2 GB lebih.. menurut Ente gmn bro… mungkin saya beruntung kali ye.. hidup di gunung sedangkan yg setia pake m2 cuma saya… meskipun gak dapet 3G..koneksi tetep kenceng sprti 3G.. malahan di sidoarjo tempat ortu saya.. dapet 3G sinyal full.. terkadang sering lelet kyk bekicot..
    thanks to m2 deh…

    • wahhh anda beruntung sekali jarang lho sinyal gprs atau edge bisa nyampe speed segitu.. dirumah saya juga sidoarjo ajah sinyalnya 3G atau HSDPA tapi mah speed nya kek kura-kura.. mungkin trafficnya padet kali yahh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: